Google Chrome memang tersedia pada sistem operasi Linux. Untuk mengunduh dan menginstallnya bisa melalui aplikasi penginstall atau melalui Terminal. Untuk menginstallnya melalui Terminal pastikan perbarui repository Anda. Namun tidak jarang ditemui masalah ketika Anda akan melakukan instalasi atau pembaruan  melalui Terminal. Beberapa user menemukan sebuah pesan GPG Error. Jika Anda menemui pesan error semacam ini Anda tidak perlu khawatir. 

Masalah semacam ini disebabkan oleh isu public signing key Google yang mengotentikasi paket yang didistribusikan untuk repository linux telah berubah. Jadi beberapa pengguna menemukan pesan tersebut, mungkin termasuk Anda juga. Terutama jika Anda melakukan pembaruan mulai tanggal 4 Agustus 2017 Anda mungkin akan melihat pesan seperti berikut.
W: An error occurred during the signature verification. The repository is not updated and the previous index files will be used. GPG error: dl.google.com/linux/chrome/d… stable Release: The following signatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY 6494C6D6997C215E
W: Failed to fetch dl.google.com/linux/chrome/d… The following signatures couldn't be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY 6494C6D6997C215E
W: Some index files failed to download. They have been ignored, or old ones used instead.
Google menandai paketnya dengan nama GPG sehingga Anda dapat memverifikasi pembaruan produk. Namun ketika GPG hilang atau berubah maka akan menampilkan pesan seperti diatas. Solusi atas masalah tersebut adalah Anda perlu mengunduh paket dengan perintah berikut.
wget -q -O - https://dl.google.com/linux/linux_signing_key.pub | sudo apt-key add -
Anda akan diminta memasukkan password dan tunggu hingga selesai. Kemudian silahkan Anda lakukan pembaruan aplikasi, maka pesan error tidak akan muncul lagi.
Bagikan :

Tambahkan Komentar