Cara Install Sublime Text 3 di Linux Ubuntu
Sublime Text merupakan salah satu text editor yang populer dan digunakan oleh kalangan programer profesional. Banyaknya fitur dan tampilan yang mudah dipahami membuatnya menjadi pilihan text editor terbaik. Penulis juga merupakan pengguna text editor yang satu ini. Namun Sublime Text bukanlah sebuah aplikasi open source, namun pengembang tetap menyediakan versi gratis dari Sublime Text.

Jadi jika Anda ingin menggunakan Sublime Text sepenuhnya Anda perlu membeli lisensi seharga $70. Meskipun demikian versi gratisnya tetap bisa Anda gunakan tanpa ada batasan waktu atau trial. Untuk memasang Sublime Text pada linux, Anda bisa mengunduh installernya melalui situs resmi Sublime Text. Sayangnya, jika Anda memasang installer tersebut tidak akan ada notifikasi jika ada pembaruan aplikasi, tidak seperti pada sistem operasi Windows dan Mac OS.

Solusinya, Anda harus menambahkan repositori resmi ke sumber perangkat lunak di Ubuntu. Repositori resmi Sublime Text sekarang sudah tersedia untuk pengguna Ubuntu (termasuk Linux Mint, dll.). Silahkan Anda unduh terlebih dahulu Security key Sublime Text agar paket instalasi dapat di otentikasi dengan perintah berikut.
wget -qO - https://download.sublimetext.com/sublimehq-pub.gpg | sudo apt-key add -
Selanjutya tambahkan repositori stabil Sublime Text ke daftar sumber perangkat lunak.
echo "deb https://download.sublimetext.com/ apt/stable/" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/sublime-text.list
Jika Anda ingin memasang versi terbaru Sublime Text 3 gunakan perintah berikut.
echo "deb https://download.sublimetext.com/ apt/dev/" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/sublime-text.list
Selanjutnya silahkan lakukan update dengan perintah berikut.
sudo apt update && sudo apt install sublime-text
Tunggu hingga instalasi selesai, dan Sublime Text 3 siap untuk digunakan.
Bagikan :

Tambahkan Komentar