5 Cara Mudah Mengamankan Akun Email Anda

Nutekno - Bagaimana cara Anda mengamankan akun email? Apakah Anda yakin bahwa email Anda sudah pasti Aman dan tidak dapat dilihat oleh orang lain? Faktanya layanan penyedia email seperti Google dan Mcrosoft akan memberikan informasi dalam akun email Anda jika pemerintah atau pihak berwenang menginginkannya. Lalu bagaimana solusi unuk mengamankan akn email? Anda bisa menerapkan 5 metode berikut ini:

1. Gunakan Ekstensi: Jika Anda menggunakan layanan email seperti Yahoo dan Google, Anda bisa memasang plugin Mailvelope. Ekstensi tersebut akan membantu mengenkripsi email Anda. Ekstensi lainnya yaitu SecureGmail yang juga memiliki fungsi untuk mengenkripsi komunikasi dalam akun Anda. Selain itu jangan pernah mengirim informasi yang bersifat rahasia melalui email seperti Password.

2. Pakai layanan email yang aman: salah satu contohnya adalah Hushmail yang memiliki jaminan kemanan yang lebih baik. Namun bagaimanapun juga tidak akan menjamin kemanan akun Anda 100 persen, informasi papun di internet bisa bocor. Contoh layanan lain adalah Kolab Now, dimana memiliki seluruh informasi akun Anda akan disimpan di server Switzerland.

3. Disposable Email Address: memungkinkan untuk membuat sebuah ad hoc yang aman (anonymous) dan menghapus riwayatnya seletah selesai digunakan. Layanan ini biasanya digunakan untuk mencegah spam. Contoh layanan yang menggunakan fitur ini adalah Guerilla Mail dan Maillinator.

4. Enkripsi email Anda: segala informasi yang melalui jaringan pasti berisiko untuk disadap. Oleh karena itu sebaiknya lakukan enkripsi pada email Anda sebelum dikirim. Anda bisa menggunakan program PGP (Pretty Good Privacy) yang mampu mengenkripsi dengan cryptgraphy dan otentikasi untuk komunikasi data.

5. Jangan gunakan email: segala layanan email tidak menjamin keamanannya 100 persen. Jika Anda tidak ingin data bocor, jangan ernah gunakan layanan email untuk mengirim informasi. Bijaklah dalam mengirim informasi, dan jangan pernah mengirim informasi yang bersifat rahasia.
Bagikan :

Tambahkan Komentar