Keutungan Penggunaan Jaringan Nirkabel/Wireless
Jaringan nirkabel atau wireless saat ini merupakan jaringan yang bisa kita temui dimana saja. Baik di kantor, tempat umum maupun di rumah. Sebagai contoh, semua smartphone modern sudah menggunakan jaringan wireless. Jangkauannya juga beragam, mulai dari Bluetooth yang hanya mampu mengcover area sempit, hingga WiFi yang memiliki jangkauan lebih luas.

Popularitasnya tidak terlepas dari banyaknya keuntungan yang didapat saat menggunakan jaringan wireless. Berikut beberapa alasan mengapa jaringan wireless banyak digunakan saat ini.

Efektifitas Biaya
Pada jaringan wired/kabel memerlukan banyak peralatan, instalasi kabel juga menimbulkan beban biaya yang lebih besar. Apalagi jika medan yang dilewati kabel cukup sulit seperti kabel harus ditanam di tanah hingga dipasang pada tembok. Belum lagi jika ada kerusakan, tentu biaya perawatan akan semakin membengkak.

Jaringan wireless memberikan solusi atas masalah tersebut. Dengan peralatan minimal, biaya bisa ditekan. Instalasi wireless juga cukup mudah, Anda hanya perlu membeli Acces Point (Router). Jaringan ini sangat cocok jika digunakan pada skala kantor atau rumahan.

Reachability
Untuk menjangkau jarak yang jauh, pada jaringan wired diperlukan kabel yang lebih panjang juga. Jika dalam suatu are lokal mungkin mudah dalam instalasinya. Namun jika sudah menghubungkan antar negara atau benua tentu akan ada beberapa masalah yang muncul. Seperti kerusakan kabel yang sulit dideteksi dan sinyal melemah, sehingga membutuhkan repeater.

Implementasi jaringan nirkabel bisa mengatasi permasalahan ini secara sederhana. Wireless bisa digunakan untuk interkoneksi kabel jarak jauh pada suatu jaringan.

Keamanan
Salah satu permasalahan yang sering muncul dalam mengelola jaringan adalah keamanan. Jaringan kabel ternyata tidak luput dari aksi pencurian data oleh hacker. Jaringan nirkabel dinilai memiliki tingkat keamanan lebih baik jika dibandingkan jaringan wired.

Perkembangan wireless semakin pesat, kecepatan pengirimannya juga terus bertambah. Jaringan wireless menawarkan solusi kemudahan dalam instalasi, perawatan dan biaya yang minim. Dimasa depan mungkin jaringan wired akan tersingkirkan oleh eksistensi jaringan nirkabel.
Bagikan :

Tambahkan Komentar