Manokwari, GNOME Desktop Shell yang Dibuat dengan HTML5
Manokwari adalah salah satu GNOME Shell yang diciptakan untuk GNOME versi 3. Desktop yang digunakan dan didistribusikan oleh Linux BlankOn tersebut dibuat menggunakan GTK+ dan HTML5. Manokwari sebelumnya disebut sebagai panel BlankOn. Shell utama terdiri dari dua panel samping yakni di kiri dan kanan yang tersembunyi. Sidebar ini dapat diakses dengan mengklik ikon dibagian kiri layar dan mengarahkan mouse ke sudut kiri atas untuk panel sebelah kanan.

Di panel kiri terdapat kotak pencarian untuk mencari koleksi aplikasi. Selain itu setiap aplikasi ditampilkan sesuai dengan kategorinya masing-masing. Tombol Sessions juga terdapat dibagian paling bawah panel ini. Sementara di panel kiri terdapat ikon media player, iformasi cuaca dan beberapa tombol pengaturan. Bagian paling bawah menampilkan jam dan tanggal saat ini.

Manokwari juga menggunakan dock pada bagian bawah untuk menyimpan koleksi aplikasi favorit Anda sehingga mudah untuk diakses. Tampilannya juga segar dengan efek transparan. Melirik ke bagian jendela, Manokwari menggunakan gaya flat dalam tampilan jendela aplikasi. Bagi Anda pengguna Ubuntu, cara memasang Manokwari sangat mudah, cukup dengan menjalankan beberapa langkah berikut.

Sebelum menginstall pastikan Anda menambahkan PPA ke sumber perangkat lunak. PPA akan berisi paket desktop, pengaturan, tema GTK dan ikon. Jalankan perintah berikut pada Terminal.
sudo add-apt-repository ppa:dotovr/manokwari
Selanjutnya update daftar paket dan psang Manokwari dengan perintah berikut.
sudo apt update && sudo apt install manokwari
Ketika instalasi selesai, Anda perlu keluar dan memiliki Manokwari dan silahkan masuk kembali. Desktop ini mungkin butuh beberapa waktu untuk dapat dimuat sepenuhnya. Manokwari bisa menjadi Shell alternatif untuk penggunaan sehari-hari, penggunaan HTML5 dalam pengembangannya merupakan ide yang bagus dan kreatif.
Bagikan :

Tambahkan Komentar