listrik nirkabel
Nama Nikola Tesla mungkin tidak terlalu populer jika dibandingkan penemu lain seperti Alexander Graham Bell, Thomas Alva Edison maupun James Watt. Sebab nama Tesla tidak diajarkan di sekolah-sekolah. Sebab karena kejeniusannya dia mampu menciptakan berbagai macam peralatan yang akan membuat manusia lebih sejahtera.

Nikola Tesla adalah seorang penemu, fisikawan, teknisi mekanika, dan teknisi listrik yang lahir di Serbia pada tanggal 10 Juli 1856. Tesla merupakan penemu sekaligus teknisi terbesar di adab 19 dan abad 20. Ia berketurunan Serbia dan menjadi warga negara Amerika Serikat pada 1891 ketika bekerja di Amerika.

Penemu Alternating Current (AC) dan Perang AC vs DC

Teknologi aliran listrik dua arah atau biasa disebut dengan AC pertama kali ditemukan. Sementara untuk teknologi DC (Direct Curent) atau arus listrik searah ditemukan oleh Thomas Alfa Edison. Arus listrik yang digunakan pada awal penggunaan listrik adalah arus DC. 

General Electric (GE) yang merupakan perusahaan miliki Thomas Alfa Edison dan mendominasi penjualan listrik di Amerika pada saat itu.

Arus DC dipilih karena mampu dioperasikan pada voltase rendah maupun tinggi dan bisa disimpan dalam baterai. Namun DC juga memiliki kelemahan yakni generator listrik hanya mampu mengirimkan listrik sejauh 1 mil kepada pengguna. 

Jika jarakya lebih dari itu maka listrik akan drop. DC juga sulit untuk diubah voltasenya. Biaya penggunaan arus DC juga sangat mahal.

Nikola Tesla saat itu bekerja untuk Edison, dan memperingatkan bahwa arus DC memiliki banyak kelemahan. Namun Edison tak mau mendengarkan nasihat dari Tesla. Setelah keluar dari perusahaan Edison tesla mulai mengembangkan ide arus AC dan dicoba pada Expo Fair 1893 di Chicago dengan nama Tesla Polyphase System.

perang ac vs dc

Listrik AC ternyata mampu dibuat dengan biaya yang lebih murah dan dapat menjangkau pengguna dengan jarak yang jauh. Aca juga hanya membutuhkan satu generator saja untuk bisa sampi ke pengguna. 

Saat itu Perusahaan Niagara Falls Power Company (NFPC) mengadakan tender untuk memproduksi listrik dari air terjun Niagara untuk kota Buffalo. Karena air terjn Niagara dianggap dapat menghasilkan listrik dalam jumlah yang cukup besar. 

Metode listrik AC saat itu memengangkan tender karena memiliki banyak kelebihan seperti biaya yang lebih murah.

Kemenangan Westinghouse dan Tesla membuat Edison panas. Karena tidak terima dengan Kemenangan Westinghouse dan Tesla. Edison melakukan propaganda dengan menuduh listrik AC tidak aman bagi manusia. 

Perang arus listrik baru berhenti setelah Edison mengakui kelebihan listrik AC sehingga menyesal tidak mendengarkan ide Tesla sebelumnya. Akhirnya perusahaan Edison, General Electric, mau memproduksi alat listrik yang menggunakan AC.

Listrik Nirkabel Tesla

Pernahkan Anda mendengar listrik yang mampu di hantarkan tanpa kabel? ternyata teknologi tersebut sudah ditemukan sejak dahulu oleh Tesla. Wardenclyffe Tower atau biasa disebut Tesla Tower dibangun di dekat pulau Manhattan Amerika pada awal tahun 1900 an.

wardenclyffe tower

Wardenclyffe Tower memiliki ketinggian 60 M dan dibagian puncaknya terdapat bola tembaga dengan diameter 90 CM. Prinsip kerja dari Wardenclyffe Tower adalah rangkaian dari getaran listrik, frekuensi yang diterima tepat pada kumparan utama, akan menghasilkan getaran yang akan makin besar dan hasilnya makin tinggi di kumparan kedua.

Getaran di tiang dihubungkan dengan kumparan kedua Tesla akan membangkitkan gelombang radio frekuensi tinggi yang mampu berjalan jauh ke belahan lain bumi secara bolak-balik. Jika kemudian dengan alat oscillation (pengubah arus DC menjadi AC) diselaraskan pada frekuensi alami arus listrik bumi, saat kembali arus akan memperkuat getaran voltase di tiang, dan mendorong keluar arus dari bumi. Hasilnya, arus yang makin besar akan keluar sebagai gelombang melalui pemancar itu.

Instalasi listrik nirkabelnya di Colorado Springs mampu menyalakan 200 lampu pijar yang diciptakan Edison pada jarak 40 km tanpa kabel. Teknologi listri wireless saat ini digunakan untuk mengisi baterai smartphone. Jika dikembangkan lagi bukan tidak mungkin teknologi listrik Tesla akan digunakan dimasa depan.
Bagikan :

Tambahkan Komentar