Memahami Konsep Komunikasi VoIP (Voice over IP)
Konsep komunikasi berbasis IP atau VoIP berkembang seiring dengan tumbuhnya jumlah layanan yang memanfaatkan IP dalam implementasinya. Umumnya komunikasi yang ada memanfaatkan protokol jaringan telepon publik (PTSN). Namun VoIP memiliki cara kerja yang berbeda dengan PTSN, VoIP bekerja dengan mengkodekan informasi suara ke dalam format digital, dan paket dibawa melintasi jaringan IP dalam bentuk paket diskrit.

Pada dasarnya sinyal suara analog dianggap sebagai urutan getaran suara. Karena getaran tidak bisa langsung diubah dalam format digital, Telekomunikasi modern bisa menciptakan replika sinyal suara dengan cara sampling dengan suara manusia. Sampel ini kemudian dikodekan dalam bentuk digit untuk mnciptakan replika suara sampel. Sinyal suara digital kemudian dapat dibawa oleh jaringan transportasi, dengan menggunakan sebuah jaringan operator atau internet publik. 

Jaringan telepon tradisional mengalokasikan sirkuit khusus untuk berkomunikasi. Hal ini terjadi setiap kali seseorang mengangkat telepon dan memanggil orang lain. Kualitas suaranya bisa bagus karena dibuat rangkaian khusus bagi pengguna dalam berkomunikasi. Namun, bandwith akan terbuang sia-sia saat kita tidak berbicara dalam suatu komunikasi telepon.

Hal ini tidak terjadi pada saat Anda menggunakan VoIP, karena paket jaringan akan membagi fasilitas transportasi paket. Namun dampaknya pada kualitas suara yang memang tidak akan sebagus jaringan telepon biasa. Penggunaan VoIP dipilih karena mampu meningkatkan efisiensi dan menghemat biaya karena layanan suara, data dan video bisa digabug kedalam satu jaringan IP.

Keuntungan Menggunakan VoIP
  • Menguragi biaya komunikasi dan menghindari antrian atau jaringan PTSN yang sedang sibuk.
  • Meminimlakna infrastruktur dengan menggabungkan layanan internet dengan komunikasi suara.
  • Bagi operator kabel, VoIP memungkinkan penggunaan kembali infrastruktur yang ada sambil meluncurkan layanan baru.

Saat ini beberapa operator sudah menerapkan teknologi tersebut. Dimasa yang akan datang VoIP mungkin menjadi teknologi komunikasi yang akan populer digunakan diseluruh dunia.
Bagikan :

Tambahkan Komentar