LibreOffice merupakan software office opensource yang berbasis pada OpenOffice. LibreOffice menjad alternatif software yang membantu Anda mengerjakan tugas sehari-hari. Sama seperti software office lainnya, LibreOffice tersedia dalam banyak varian. Varian tersebut antara lain, LibreOffice Writer, LibreOffice Calc, LibreOffice Impress, LibreOffice Draw, LibreOffice Base, LibreOffice Math dan LibreOffice Charts.

Menjadi suksesor dari OpenOffice membuatnya menjadi populer dan digunakan oleh jutaan orang. Baik pengguna rumahan maupun kantor. LibreOffice juga bisa berjalan dalam 3 jenis sistem operasi berbeda yakni, Linux, Windows dan Mac OS. Beberapa waktu yang lalu versinya sudah mencapai 5.4 yang merupakan rilis utama akhir untuk seri LibreOffice 5. Artinya perilisan berikutnya akan menuju ke versi 6.

Anda bisa mengunduh versi terbaru LibreOffice di situs resminya. Termasuk Anda pengguna Linux Ubuntu bisa menguduh paket instalasi terbaru deb maupun rpm. Namun karena Ubuntu tidak mendistribusikan rilis LibreOffice terbaru melalui pembaruan standar, Anda tetap bisa meningkatkan versinya dengan cara berikut. Yang perlu Anda siapkan adalah menambahkan paket arsip pribadi (PPA) ke daftar sumber perangkat lunak.

Dalam PPA LibreOffice 5.4 berisi versi terbaru dan stabil dari LibreOffice yang tersedia untuk Ubuntu 14.04 LTS, Ubuntu 16.04 LTS dan Ubuntu 17.04. Untuk menambahkan PPA ke sumber perangkat lunak silahkan Anda buka Terminal baru dan masukkan baris perintah berikut ini.

sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/libreoffice-5-4

Silahkan Anda masukkan password ketika diminta, kemudian update dan upgrade LibreOffice dengan perintah berikut.

sudo apt update && sudo apt install libreoffice

Anda bisa melewati perintah kedua jika ingin mengupdate melalui Software Updater. Setelah semua paket didownload dan di ekstrak, kemudian akan di install dan tunggu hingga pemasangan selesai. Setelah itu Anda bisa menjalankannya dan menikmati fitur-fitur terbaru LibreOffice 5.4.0.

Bagikan :
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
Sebelumnya
This is the last post.

Tambahkan Komentar